Kisah Para Rasul 9:36-46 Dorkas


 Pada zaman Petrus, ada seorang murid perempuan di Yope bernama Tabita atau biasa dikenal dengan sebutan Dorkas. Ia dikenal sebagai wanita yang murah hati dan penuh kebaikan. Sebagian besar penduduk di Yope kala itu memiliki mata pencaharian sebagai pelaut, dan resiko yang kemungkinan besar dialami oleh para pria  adalah mengalami karam kapal. Itulah sebabnya adalah hal yang umum di Yope banyak janda atau anak yatim. Bagi Dorkas, keadaan ini bukanlah semata keadaan yang lazim, imannya dapat melihat bahwa ada kebutuhan khusus yang perlu ditanggapi dan dia menyediakan diri serta talenta yang ada padanya untuk melakukan apa yang dapat dilakukannya.

Allah adalah sumber kreatifitas, memampukan Dorkas untuk melihat dan mengisi setiap kekosongan hati para janda tersebut. Dorkas akrab dengan lingkungan dan pergumulan para janda, dan dengan kemampuan menjahit, ia melayani mereka dengan membuat baju. Jarum dan benang adalah alat yang dipakai Tuhan dalam tangan Dorkas untuk mendatangkan Kerajaan Allah dilingkungannya.

Ada yang menafsirkan bahwa Dorkas adalah wanita single yang tidak menikah, namun ada juga yang mengulas bahwa Dorkas adalah seorang janda. Apapun penafsirannya, Alkitab memang tidak menyebutkan tentang suami maupun status pernikahannya. Tapi kebenaran yang memberikan kemerdekaan dalam hidup Dorkas membuatnya hidup merdeka. Dorkas puas dengan keberadaannya dan tahu bahwa dia berharga karena Tuhan yang membuatnya berharga.

Lewat pelayanan Petrus, kebangkitannya dari kematian, Allah menjadi nyata dalam hidup Dorkas. Dorkas punya kisah nyata yang lebih menarik untuk diceritakan kepada mereka yang belum mengenal Tuhan. Dorkas bukan saja menjahit lebih banyak baju, tapi dia juga ‘sibuk’ membagikan cerita hidupnya dan apa yang Tuhan sudah lakukan dalam hidupnya. Dorkas sadar bahwa apa yang dia lakukan bukan karena kekuatannya, tetapi karena Allah. Kebangkitannya dari kematian adalah bukti nyata kuasa Allah dalam hidupnya. Hidup Dorkas adalah hidup yang berbuah tetap bagi Kerajaan Allah.

Sumber : Wise woman

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s