Musik, Pemijat jiwa kita


musik 1

Saya kira saya tak akan pernah punya banyak keinginan lainnya, seandainya saya bisa selalu memiliki musik yang berlimpah. Nampaknya musik memompa kekuatan ke dalam tubuh saya dan memberikan gagasan ke dalam otak saya. Hidup nampaknya berjalan tanpa usaha ketika saya dipenuhi dengan musik. – George Eliot, penulis novel dari Inggris

Tampaknya Tuhan tahu bahwa hidup ini berjalan semakin sulit, sehingga Ia memberikan tiga hadiah secara cuma-cuma untuk meringankan jalan kita.

Yang pertama adalah alam. Kemana pun kita mengedarkan pandangan, alam yang kita lihat akan memberi efek yang membangkitkan semangat. Dan itu semua gratis. Seandainya kita harus membayar sewa untuk melihat matahari terbenam, rasanya kita semua tak mungkin bisa membayarnya, bahkan hanya lima menit sekalipun. Setiap kali matahari terbit itu merupakan peristiwa yang unik. Alam itu gratis, dan itu tersedia bagi setiap orang, dan ia memiliki dampak kuat dalam memulihkan semangat manusia.

Yang kedua adalah tertawa. Kita tak bisa menjelaskan apa tertawa itu, darimana asalnya, atau mengapa tertawa itu mujarab. Namun, sebagai balsam bagi saraf-saraf yang letih, tertawa itu unik. Tertawa itu gratis, ia tersedia bagi setiap orang, dan memiliki dampak kuat dalam memulihkan semangat manusia.

Yang ketiga ada musik. Juga kita tak bisa menjelaskan apa musik itu, darimana asalnya, atau mengapa musik itu mujarab. Seseorang bisa mendendangkan suaranya, sementara yang lain mungkin dengan meniup serulingnya – dan entah bagaimana musik itu bisa menenangkan jiwa. Musik itu gratis, ia tersedia bagi setiap orang, dan memiliki dampak kuat dalam memulihkan semangat manusia.

Tujuh puluh lima persen orang Amerika menggunakan musik untuk mengurangi stress. Dalam respon menghadapi peningkatan berbagai kondisi yang penuh dengan stress dalam kehidupan sehari-hari, para terapis musik mulai bermunculan dari segala penjuru tempat. Penelitian menyatakan bahwa para dokter bedah yang bisa memilih jenis musiknya sendiri di ruang operasi telah memperbaiki parameter-parameter kardiovaskular selama berlangsungnya pembedahan yang penuh dengan ketegangan. Sebaliknya, bila orang lain yang memilihkan musiknya untuk mereka, maka tidak akan ada manfaat seperti yang disebutkan sebelumnya.

 Ketika Tuhan menciptakan musik, tampaknya Ia mengatur sehingga alunan musik itu bisa menembus melalui berbagai lapisan akal budi kita dan langsung masuk menuju ke dalam jiwa kita.

Carilah musik yang memang betul-betul bisa menolong kebutuhan Anda dan putarlah terus dan terus. Biarkanlah ia memijat-mijat jiwa Anda.

R/ Menjelang tidur, cobalah Anda ditemani musik, jangan ditemani berita. Taruhlah CD player di samping tempat tidur Anda, atau mungkin gunakanlah earphone dengan kabel yang panjang yang bisa disambungkan dari stereo set atau CD player. Putarkanlah musik untuk anak-anak sebelum tidur – satu lagu khusus menjelang tidur, setelah mereka diselimuti.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s