Menjaga Pertemanan Dan Menjaga Keuangan Kita


Banyak di antara kita dalam membangun pertemanan harus mengorbankan keuangan kita. Anda mungkin pernah mengalami kejadian seperti ini. Di akhir pekan, tiba-tiba ada telpon dari seorang teman Anda yang mengajak untuk makan di luar atau berbelanja atau mencari hiburan. Hal terakhir yang mungkin Anda ingin lakukan adalah pergi bersama teman Anda dan mulai menguras isi tabungan Anda. Dan Anda akan terkejut melihat kas keuangan Anda setelah itu. Apa yang terjadi jika kondisi keuangan Anda pas-pasan ?

Hei, ini bukan kesalahan teman-teman Anda. Mereka bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan, dan Anda bertanggung jawab untuk apa yang Anda lakukan. Mereka tidak akan tahu keadaan keuangan Anda kecuali jika Anda mengatakan sesuatu. Jika Anda mengatakan keadaan keuangan Anda yang sebenarnya, mungkin teman Anda akan menyadari batas-batas keuangan Anda tanpa menjadi tersinggung atau marah.

Jangan pernah berpikir bahwa Anda tidak dapat pernah menikmati makan di luar atau pergi berbelanja yang menyenangkan atau bahkan menikmati liburan yang hebat dengan beberapa teman-teman Anda. Yang Anda butuhkan adalah membuat anggaran pengeluaran sebelum melakukannya. Itu hanya berarti Anda tidak dapat selalu melakukan hal-hal pada saat itu juga.

Ada beberapa tips untuk bisa mempertahankan teman tetapi juga mempertahankan isi dompet Anda.

1. Sarankan pilihan yang lebih murah (atau bahkan gratis).

Mungkin Anda memiliki kupon diskon sebuah restoran atau supermarket. Pertimbangkan untuk nonton hemat atau menyewa film dari perpustakaan secara gratis, bukan menyewa dari toko video atau pergi ke teater. Atau menikmati memasak di rumah bukannya makan di luar.Ada banyak alternatif untuk tetap bersenang-senang dan tidak membuat dompet Anda kebobolan.

2. Katakanlah “tidak” untuk permintaan rekreasi mahal.

Jika Anda tidak punya uang, Anda akan harus jujur dengan diri Anda dan teman-teman Anda. Mungkin ini bukan hal yang mudah, mungkin Anda tidak akan pernah bisa melakukan itu sebelumnya.

3. Menunda bersenang-senang sampai jangka waktu tertentu.

Beri tenggang waktu yang cukup untuk menyimpan, dan kemudian berencana untuk menikmati kesenangan bersama teman-teman Anda. Ide untuk menabung, mungkin bukan hal yang biasa untuk Anda. Jangan menganggap menunda kesenangan sebagai penyiksaan pribadi. Penundaan akan memberi Anda kemampuan baru untuk menangani keadaan finansial Anda, yang akan menempatkan teman-teman Anda santai dan biarkan untuk waktu yang lebih menyenangkan bagi semua orang . Benar-benar bersantai di liburan Anda jauh lebih disukai dengan perasaan tidak enak yang Anda dapatkan ketika Anda tahu bahwa Anda mungkin sudah jalan di atas anggaran. Sebagai bonus tambahan, Anda mungkin benar-benar tersenyum lebih asli dari foto-foto liburan Anda.

4. Bergaullah dengan teman-teman yang bertanggung jawab secara finansial.

Jika salah satu opsi tersebut gagal, mungkin Anda harus menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang-orang yang juga berusaha untuk mengatasi masalah keuangan seperti Anda. Alkitab mengatakan bahwa pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik. Mintalah Tuhan untuk membantu Anda menemukan orang-orang yang bertanggung jawab secara finansial dan matang.

Dengan melakukan keempat tips di atas, kita akan tetap bisa mempertahankan teman dan menjaga dompet kita tetap sehat.

sumber : cbn

 

 

 


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s