Kunci Kesuksesan


Setiap orang merindukan hidupnya mengalami kesuksesan, minimal peningkatan kesejahteraan hidup yang maksimal. Sewaktu masa kanak-kanak, kita pun sering ditanya hendak menjadi apa kelak. Menjadi pengusaha yang sukses, dokter, perawat, tentara, dan bidang professional lainnya. Kita memiliki impian yang terus berkembang sejalan dengan waktu dan usia kita. Menjelang usia yang produktif kita terus mengejar impian dan cita-cita kita, ada yang berhasil, ada yang tersandung, ada yang merngubah target impiannya. Satu hal yang dikejar adalah kesuksesan. Kita ingin sukses dimata masayarakat, yang pada akhirnya derajat sosial kita ikut terangkat. Masyarakat menghormati kita dan kita merasa puas dengan keadaan seperti itu. Benarkah demikian?

Apa kunci kesuksesan itu dan bagaimana meraihnya, itu terpenting, karena kalau tidak kita akan menyimpang dari koridor arti kesuksesan itu sendiri. Dalam kamus bahasa Indonesia, sukses merupakan kata sifat yang berarti berhasil, beruntung; lulus, dapat dicapai dengan baik. Penulis mengutip arti kesuksesan versi perjanjian lama, Yosua 1:8b “ …supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang ditulis didalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung”.

Kunci kesuksesan itu sendiri sebagai berikut :

  1. Percaya diri dan berani

Ketika Yosua menggantikan Musa, Yosua merasa ragu akan kemampuannya memimpin bangsa Israel untuk memasuki tanah perjanjian. Demikian halnya dengan kita, terkadang kita meragukan kemampuan diri kita untuk hal-hal yang baru, sesuatu yang belum pernah kita jalankan dan kita alami. Namun Tuhan berjanji pada Yosua bahwa Ia akan menyertainya, hanya jika Yosua berani mempercayai kemampuannya dan berani melangkah dengan imannya untuk masa depannya, yaitu di tanah perjanjian. Untuk sukses, diperlukan kepercayaan diri kita bahwa kita mampu melakukan yang terbaik apa yang sudah dipercayakan pada kita dan keberanian untuk menerima tantangan baru yang asing bagi kita. Kepercayaan diri dan keberanian untuk melangkah dengan iman mengapai masa depan anda.

  1. Punya visi dan misi yang jelas

Visi Yosua sudahj jelas, yaitu membawa bangsa Israel memasuik tanah perjanjian. Sedangkan misinya adalah berjuang melawan bangsa-bangsa lain yang menghalangi mereka untuk  menduduki tanah perjanjian. Visi dan misinya sudah jelas. Bagaimana dengan anda? Tetapkanlah visi anda terlebih dahulu, kemudian susun strategi anda dengan bijak untuk mencapai visi anda. Jangan lupa, lakukanlah dengan bijak, sebuah konotasi yang positif, bukan sikap yang negatif. Lakukanlah langkah-langkah tersebut secara bertahap, dan sang waktu memegang peranan penting. Anda akan tahu kapan yang waktu yang terbaik, tidak perlu buru-buru. Karena sikap yang terburu-buru tidak akan mendatangkan hasil yang terbaik.

  1. Tidak mudah putus asa/ gampang menyerah

Tuhan mendidik bangsa Israel melalui padang gurun selama 40 tahun, dan disanalah Ia membentuk karakter mereka untuk mempersiapkan diri mereka menerima tanah perjanjian. Jangan mudah putus asa. Bangkitlah segera. Tanah Perjanjian sudah di depan mata. Raihlah masa depan yang baik itu dengan mawas diri, tidak menyerah oleh keadaan, tidak mudah patah arang. Sesuatu yang baik membutuhkan waktu supaya kita mempersiapkan diri untuk menerimanya. Suatu waktu jika anda tidak menyerah, anda akan memperoleh hasil yang menakjubkan. Itulah janji Allah. Allah tidak ingin kita putus asa, tapi terus berjuang, seperti bangsa Israel yang sudah menerima tanah perjanjian itu sampai sekarang. Setiap perjuangan kita dicatat oleh Allah, dan hanya persoalan waktu saja kita memperolehnya. Allah menyukai perjuangan kita. Dia tidak pernah menolak perjuangan kita, sesuatu yang Ia pandang baik buat kita. Bukan berapa kali kita jatuh, tapi berapa kali kita bangkit meraih masa depan kita, itu yang diperhitungkan oleh Allah.

  1. Pergunakan talenta secara maksimal

Kebanyakan orang memiliki talenta, namun tidak tahu mempergunakannya. Hal ini sungguh disayangkan. Talenta adalah salah satu modal buat kita meraih kesuksesan. Karena biasanya bila kita diperlengkapi oleh Allah dengan sebuah talenta, Ia juga yang akan membuka jalan bagi kita. Mulailah dari hal-hal yang kecil dahulu, anda tidak akan pernah tahu selanjutnya. Terlibatlah dalam hal-hal yang anda sukai atau gemari. Segala sesuatu butuh waktu dan perjuangan. Ketika anda telah tahu talenta yang ada pada anda, mulailah mempergunakannya secara maksimal. Hasilnya akan luar biasa. Jangan berhenti mencoba jika anda merasa gagal. Tapi lakukan terus tanpa henti, anda akan melihat hasilnya yang luar biasa. Terlibatlah dalam perkumpulan-perkumpulan yang sehati dengan jiwa dan talenta anda. Perluas informasi dan pertemanan, mungkin anda akan memperoleh informasi-informasi untuk memperluas talenta anda. Jangan berhenti belajar hal-hal yang baru, terlebih lagi berkaitan dengan talenta anda.

  1. Bersikap dinamis dan up to date

Informasi-informasi selalu baru setiap hari. Teknologi-teknologi selalu diperbaharui setiap waktu. Bersikaplah dinamis terhadap kemajuan teknologi dan informasi. Mungkin kelak akan berguna bagi anda, anda tidak pernah akan tahu. Belilah buku-buku yang menarik minat anda, perbaharui terus informasi anda.Informasi itu akan turut memberikan kontribusi bagi hidup anda, karena itu “up to date” pembelajaran anda. Berilah diri anda penuh dengan wawasan, karena itu akan membantu diri anda berkembang lebih baik lagi. Kesuksesan tidak lagi hal yang tabu bagi anda, karena diri anda pun sedang berkembang. Selamat menuju kesuksesan. Tuhan Yesus memberkati.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s