Keyko : Kerinduan Mengikuti Indonesia Idol


 

Saat audisi Indonesian Idol 2010, para juri sempat terharu begitu mendengar tujuan Keyko Vredhe Aprilia Sitompul mengikuti ajang tersebut. Ia ingin bertemu dengan ibundanya, yang meninggalkannya saat ia berusia 10 hari.

Hadirnya Indonesian Idol di Tanah Air rupanya membuat dara yang akrab disapa Keyko ini kepincut ikut serta. Ia pun mencoba. Namun sayang, usahanya gagal. Gara-gara harus mengantre selama 16 jam, ia menderita demam. “Aku ngantre dari jam tiga pagi, dan baru masuk jam tujuh malam. Besoknya aku enggak bisa ikut audisi lagi karena sakit,” kenangnya.

Kejadian serupa juga dialami Keyko pada tahun 2006 dan 2007 saat ia kembali mencoba. Tetapi lagi-lagi, ia jatuh sakit karena harus mengantre berjam-jam. Rupanya cewek asal Medan, Sumatera Utara ini tak patah arang. Tahun 2010 mencoba lagi, dan akhirnya berhasil menggondol Tiket Emas ke Jakarta. “Tahun 2010 barulah Tuhan memberikan waktu-Nya, waktu yang luar biasa.”

Perubahan Positif
Keyko pun bersaing, berusaha memberikan yang terbaik di setiap penampilannya. Puji Tuhan, ia berhasil sampai di posisi tujuh besar. “Walau tidak menjadi pemenang, aku bersyukur sekali bisa sampai di posisi tujuh besar,” ujarnya senang.

Selama di Indonesian Idol, Keyko merasakan perubahan positif. Ia menjadi paham bahwa dirinya betul-betul memiliki talenta bernyanyi yang selama ini terpendam. “Aku tahu diriku punya bakat menyanyi tapi aku enggak mau mengeksplor. Mungkin karena aku takut akan kesalahan.”

Sejak itu, cara pandang Keyko berubah. Ia sadar, ternyata kesalahan harus diketahui supaya bisa diperbaiki. “Dulu aku merasa sudah bagus dalam bernyanyi tetapi ternyata dalam menyanyi perlu tahu tekniknya.”

Namun bukan hanya itu keuntungan yang diperoleh Keyko. Ia juga mendapat ilmu dari para artis papan atas, seperti Agnes Monica, Anang Hermansyah, Pasto, dan sebagainya. “Mereka sangat luar biasa. Tentu mahal sekali harganya kalau belajar sama mereka.”

Tidak Dendam
Meski ditinggal oleh ibu kandungnya sejak usianya 10 hari, Keyko sama sekali tidak memiliki dendam pada ibundanya. Buktinya, melalui ajang tersebut ia dengan tulus berupaya ingin membanggakan Sang Mama. “Salah satu tujuanku ikut Indonesian Idol, aku ingin menunjukkan ke Mama, kalau aku sayang sama Mama,” ujar dara kelahiran Medan, 11 April 1989.

Usaha Keyko tidak sia-sia. Selama 21 tahun menunggu, akhirnya ia bisa mendengar suara ibu kandungnya. “Mama menelponku waktu aku masih di Indonesian Idol. Aku senang bisa ngobrol sama Mama. Mama bilang, ia bangga sama aku,” jelas puteri pasangan O.Sitompul dan F. Pardede.

Walau hanya bisa bicara lewat telepon, Keyko sama sekali tidak kecewa. Ia terus berharap dan yakin, suatu saat nanti Tuhan pasti akan mempertemukan dirinya dengan Sang Mama. “Tuhan punya rencana lain buatku. Kita boleh berharap tetapi kalau belum waktunya, kita harus bisa menerimanya dengan ikhlas.”

Kerinduan Keyko
Alasan Keyko ingin bertemu dengan ibunya bukan lantaran ingin menuntut perlakuan yang diterimanya. Tetapi karena ia menyimpan kerinduan yang begitu dalam. “Aku ingin melihat wajahnya seperti apa? Organ tubuhnya seperti apa? Apakah sama seperti aku?” jelas jemaat HKBP Medan, Sumatera Utara ini.

Kerinduan Keyko yang lain lain adalah membuat album rohani. “Kalau Tuhan mengizinkan dan kalau tidak dikontrak RCTI, aku ingin buat album rohani. Memang belum ada yang nawarin sih,” katanya sembari tersenyum.

Sejak dulu, Keyko memang ingin berkecimpung di dunia rohani. Alasannya, ia ingin melayani. “Sekarang saatnya buatku untuk melayani Tuhan. Itu menjadi kerinduanku sejak dulu,” tandas perempuan yang aktif pelayanan sebagai pianis gereja ini.


Tinggalkan Balasan

