Melepaskan Masa Lalu


Orang bilang Pengalaman adalah guru yang berharga.
Aku rasa kalimat diatas agak kurang benar. Mengapa?
Karena pengalaman-pengalaman tersebut akan selalu membayangi langkah-langkah kita saat ini ataupun masa depan. Kita dibuat teringat terus masa lalu kita, yang padahal sesungguhnya harus kita lepas atau hapus dari ingatan. Pengalaman masa lalu justru menjadi beban buat kita yang terus kita bawa/pikul dan terus menjadi busuk. Membuat kita tertatih-tatih dan lelah melewati hari-hari hidup kita. Kita tidak lagi berani mengambil langkah yang baru dan semakin hari iman kita dilemahkan dengan ketakutan-ketakutan yang mungkin tidak akan terjadi. Kita tidak lagi beriman bahwa Tuhan itu ada dan selalu mendampingi kita. Kita telah dibutakan oleh pandangan duniawi , bukan bergantung pada Tuhan.

Tuhan ingin kita bebas dari masa lalu kita. Namun Ia tidak dapat berbuat apa-apa jika kita tidak mengizinkan diri kita untuk melepaskannya. Ia ingin kita percaya dan bergantung padaNya, bukan diatas dasar-dasar pengalaman kita. Tuhan tidak pernah mengajak kita kompromi dengan masa lalu kita. Tapi Ia mengatakan bahwa Masa lalu kita telah Ia tebus dengan darahNya . Kita bebas! Bila kita masih khawatir dengan masa lalu kita dan terus terikat dengannya, kita telah ditipu oleh pikiran-pikiran duniawi. Dan itu tidak ada gunanya. Masa lalu sudah selesai. Dan tidak akan mempengaruhi kehidupan kita sekarang. Masa lalu kita telah ditebus oleh Kristus. Dan biarkan diri kita bebas dari masa lalu , yang sering kita sebut dengan Pengalaman.

Melangkahlah sebagai orang yang bebas dan tak berbeban dengan pengalaman-pengalaman. Selalu ada hal-hal yang baru menanti didepan. Dan tentunya semua karena kasih karunia Kristus. Sekali lagi bukan pengalaman. Tidak ada hal yang perlu dipelajari dari masa lalu. Masa lalu hanyalah sebuah sejarah hidup yang telah kita toreh. Dan sejarah tetaplah sejarah. Tidak ada pembelajaran darinya. Bukankah sejarah hanya bersifat cerita belaka? Didalam Kristus selalu ada hal yang baru. Dan itulah kebenarannya. Hiduplah dengan penyertaan dari Dia saja. Ia akan membuka jalan-jalan baru, tidak pernah melalui jalan yang sama.

Yesaya 49: 9
Untuk mengatakan kepada orang-orang yang terkurung : Keluarlah!
Kepada orang-orang yang ada didalam gelap : Tampillah!
Disepanjang jalan mereka seperti domba yang tidak pernah kekurangan rumput, dan disegala bukit gundul pun tersedia rumput bagi mereka.

Itulah janji Tuhan bagi siapapun yang mau melepaskan pengalaman masa lalunya. Jangan setengah-setengah!

by : fidia

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s