Apa itu Paskah?


Paskah adalah salah satu perayaan besar umat nasrani didunia. Selama ini masyarakat umum hanya mengetahui bahwa perayaan besar umat nasrani adalah hari Natal. Hari Natal adalah hari merayakan kelahiran Yesus Kristus didunia. Bagi anak-anak sekolah minggu mereka menyebutnya hari ulang tahun Tuhan Yesus. Namun bedanya, perayaan natal ini tidak berarti bertambahnya umur Yesus. Sangat berbeda dengan umat manusia, dimana hari itu ia berulangtahun, maka hari itu bertambahnya satu umur lagi. Tidak dengan kelahiran Yesus didunia. Hari Natal adalah hari merayakan kelahiran Sang Juru Selamat didunia. Yesus, yang adalah Anak Allah turun kebumi dengan cara dilahirkan secara jasmani dalam tubuh seorang perempuan yang perawan; maksudnya dikandung bukan dari hasil seksual antara pria dan wanita. Patut diperhatikan, perayaan natal adalah memperingati hari kelahiran Sang Juru Selamat 2000tahun yang lalu.

Bagaimana dengan hari Paskah?
Paskah adalah hari memperingati kebangkitan Yesus setelah kematian diatas kayu salib (Jumat Agung). Menurut catatan sejarah dan alkitab bahwa Yesus ditangkap malam sebelum hari jumat. Untuk memudahkan saudara memahami proses penangkapan dan pengadilan tersebut, saudara hendaknya menonton film “The Passion” Jesus Christ. Saya sarankan lebih baik saudara membaca dahulu alkitab mulai dari Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes supaya pemahaman dapat saudara peroleh ketika menonton film tersebut. Yesus mati diatas kayu salib pada hari Jumat, maka dikenal sebagai hari Jumat Agung. Pada hari ketiga, yang jatuh pada hari minggu, Yesus pun bangkit dari kematian. Kubur Yesus didapati kosong, tanpa jasad Yesus. Bagaimana dapat dipastikan bahwa Yesus telah bangkit? Pada saat jasad Yesus dikuburkan dalam gua (tempat pemakaman orang Yahudi pada zaman itu) hingga hari ketiga, kubur tersebut dijaga oleh para perwira romawi secara ketat, dan tidak ada satupun yang boleh mendekati apalagi membuka kubur itu tanpa seijin pemerintah setempat. Singkat cerita, murid-murid Yesus datang untuk melihat kubur itu, namun mereka tidak menjumpai jasad Yesus disana, dan batu tersebut telah terguling /terbuka. Kepada mereka yang datang kekubur itu ,para malaikat menyampaikan pesan bahwa Yesus telah bangkit dari kematian. Dan hal itu dicatat dalam Alkitab. Kebangkitan Yesus itulah yang kita peringati karena Yesus benar-benar telah bangkit dan itulah hari Paskah, hari kemenangan.

Nb : Penulisan diatas hanya mengandung dasarnya saja, belum begitu dalam diuraikan, menurut sejarah bangsa Israel yang sejak keluar dari Mesir hingga menduduki Tanah Perjanjian.
===semoga tetap berguna dan bermanfaat, Amin!=====

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s