Siapakah Yesus itu?


Damai Sejahtera buat kita semua…
Yesus…siapa yang tidak pernah mendengar nama itu? Dari zaman dahulu sampai sekarang, nama itu tidak pernah gugur dimakan zaman. Nama yang penuh kontroversial dan tanda tanya, siapakah Dia sesungguhnya.

Tepatnya 2000 tahun yang lalu, lahirlah seorang Putera dari anak perawan yang bernama Maria. Perawan artinya suci, tidak pernah berhubungan seks. Lahir dari anak perawan. Bagaimana mungkin? Memang bagi manusia itu mustahil, tapi TIDAK bagi Tuhan. Saat itu Maria sedang berpacaran bersama Yusuf, namun setelah diketahui Yusuf, maka ia hendak menceraikannya diam-diam. Tapi pada malam hari sebelum ia memutuskan untuk menceraikannya, datanglah Malaikat Tuhan dalam sebuah mimpi Yusuf, bahwa Anak yang dikandung dalam perut Maria adalah dari Roh Kudus. (baca Alkitab : Matius).

Selama Maria mengandung, mereka tidak berhubungan seks, hingga Anak itu lahir, dan dinamakan Yesus. Yesus adalah nama yang diberikan Allah secara langsung, bukan hasil negosiasi Maria dan Yusuf. Yesus adalah Anak Allah yang turun dari Surga, mengambil rupa manusia untuk lahir dimuka bumi ini. Tujuannya hanya Satu : Menyelamatkan umat manusia dari kematian kekal atau hukuman kekal. Caranya? Yesus harus dikorbankan diatas kayu salib sebagai persembahan yang Kudus dan Tak bercacat cela, membayar dosa kita dengan Tubuh dan DarahNya, agar kita yang semula hidup dalam kutuk dan dosa beroleh Keselamatan.

Sewaktu Adam dan Hawa jatuh dalam dosa, Allah mengutuk tanah sebagai ganti kutukan kepada kita, karena apabila kita dikutuk maka pastilah kita akan mati. Tapi Allah masih mengasihi kita, maka terkutuklah tanah oleh dosa dan pelanggaran Adam dan Hawa.

Siapakah yang layak menebus dosa kita? Bukankah setiap manusia telah mewarisi dosa nenek moyangnya, yaitu Adam dan Hawa? Manakah dibumi ini didapati manusia yang tidak berdosa? Manakah bisa seseorang yang telah berdosa menebus orang berdosa lainnya?

Maka, Allah pun merancangkan karya penebusan ini dengan mengorbankan Anaknya yang Tunggal yaitu Yesus. Kejamkah? Bagaimana mungkin Allah itu memiliki Anak, apakah maksudnya?

Bukankah kita ini terdiri dari 3 bagian ? Tubuh, Jiwa dan Roh. Diri kita telah mempresentasikan kehadiran Allah dalam hidup kita. Allah Trinitas yaitu Bapa, Putera dan Roh Kudus. Namun Ketiganya adalah Satu. Kita yang terdiri dari tubuh, jiwa dan roh adalah satu. Bisakah ketiga ini dipecah-pecahkan? Tidak. Karena mereka adalah satu. Sama seperti Bapa diSurga, Yesus Kristus dan Roh Kudus adalah Satu.

Karena Allah begitu mengasihi manusia, yang adalah ciptaanNya yang paling sempurna dibandingkan ciptaanNya yang lain, bahkan MalaikatNya, maka Allah harus membantu manusia menyelamatkan hidupnya dari kematian kekal. Kematian kekal itu adalah Neraka. Ada Kematian Kekal, ada Kehidupan Kekal. Kehidupan Kekal itu adalah Surga. Allah turun ke bumi dengan mengambil rupa manusia, agar manusia dapat ditebus olehNya. Allah tidak mengambil rupa seorang Malaikat, karena bukan malaikat yang hendak ditebusNya, tapi manusia. Karena manusia yang hendak ditebus, maka tidak ada mahkluk lain selain manusia yang layak memperoleh Keselamatan itu. Bahkan Malaikat yang telah jatuh dalam dosa tidak memperoleh bagian karya keselamatan ini. HANYA MANUSIA. TITIK!

Yesus bukanlah manusia yang kemudian menjadi Tuhan. BUKAN! Tapi Yesus adalah Tuhan, yang menjadi manusia. Sekali lagi, tujuannya adalah untuk menyelamatkan manusia dari kematian kekal. Lalu, apa yang harus kita lakukan?

Langkah awal adalah Terima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamatmu, akui dosamu, dan bertobatlah dari kehidupan yang jahat dan dosa.

Informasi tambahan lainnya adalah Yesus yang telah mati diatas kayu salib pada akhirnya bangkit kembali dari kematian atau kubur. Hal itu terjadi pada hari ketiga dari kematianNya. KuburNya didapati kosong, dan Yesus pun menampakkan DiriNya pada murid-muridNya. Pada hari Dia naik ke Surga, murid-muridNya adalah saksi hidup yang melihat Dia terangkat ke Surga hingga awan-awan menutupiNya. Dan hal ini tercatat dalam Alkitab, yang ditulis oleh penulis yang berbeda, yaitu Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes. Bahkan hal ini telah dinubuatkan oleh para nabi sebelum kelahiran Yesus. Dan Sumbernya hanya satu yaitu Allah sendiri.

Pada hari keempat puluh setelah kenaikan Yesus ke Surga, para murid Yesus menerima pembaptisan Roh Kudus. Hingga saat ini Roh Kudus telah tercurah ke atas setiap orang percaya. Haeleluya. Amin.

Satu pemikiran pada “Siapakah Yesus itu?

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s